Saturday, June 11, 2016

Tips Menurunkan Berat Badan versi Mantan Orang Gendut

Marhaban ya ramadhan...
Tidak terasa, seperti baru kemarin kita kedatangan bulan yg penuh berkah ini. Eh tau-tau nya uda ketemu lagi..
Banyak orang menyambut bulan ini dengan bahagia karena satu alasan,  yaitu dapat menurunkan berat badan.

Bulan ramadhan dijadikan ajang diet cuma2, karena selain mendapatkan pahala, diharapkan juga bisa menurunkan kadar lemak tubuh, jadi bisa disebut juga dengan istilah “terlanjur diet”.
Anggapan itu bisa dibilang benar, jika pola makannya juga diatur. Kenapa aku bilang gitu? Karena banyak orang, termasuk aku dulunya. Berpuasa bukannya bikin kurus, malah makin gemuk.

Aku percaya sama kata2 ini “jaga pola makanmu, biar gak gendut tubuhmu”. Tapi, sebenernya bukan pola makan aja yang harus diperhatikan, tetapi ada beberapa poin lagi yang harus benar2 diterapkan agar mendapat hasil yang memuaskan.
 Sebelum masuk ke intinya, aku mau kasih tau kalian mengenai kisahku dulu. Agar kalian percaya, kalo apa yang akan kubagikan nantinya memberikan efek yang menjanjikan.

Aku adalah salah satu orang didunia ini yang sudah hidup dengan 4 keadaan, yaitu gendut, kurus, sedikit berisi, dan jomblo :'(. Untuk yang jomblo gak kubahas disini.



Itu potoku waktu masih smp, tepatnya pada momen pesta sunatan.  Aku tau apa yg kalian pikirkan, ya... aku seperti di zolimi sama uwak2 tata rias.



Kenapa aku bisa gendut? 

Seperti kebanyakan orang, aku dulu gak peduli akan kesehatan, malas berolahraga, dan suka makan apa aja dengan porsi sebanyak-banyaknya.
Kebiasaanku yang seperti itu terus berlangsung sampai aku masuk SMA.


Mirip bos yakuza



Diwaktu SMA, aku mulai mengenal yang namanya cinta ciiieeeee... dan sudah menyadari bahwa kesehatan itu penting.

Karena rasa untuk membuat orang yang disukai terkesan, maka dari itu aku mulai serius untuk menurunkan berat badan. Cinta memberiku kekuatan untuk mengubah aku, menjadi aku yang baru.

Aku mulai mencoba diet dengan cara mengatur pola makanku dan olah raga di pagi dan sore hari.
Walau cintaku pupus :’( tetapi badanku berhasil kurus..


Leher kecil kepala besar, kaya orang kurang gizi.




Gaya minta2 sempat menjadi tren pada masanya.


Berlama-lama kemudian, aku merasa bahwa aku terlalu kurus. Aku mencoba ingin membesarkan badanku layaknya idolaku, yaitu dwayne johnson atau yang lebih dikenal dengan the rock..

Akupun memulai ikut angkat beban di beberapa gym. Kenapa aku bilang beberapa, karena setiap gym bervariasi harganya. Anak sekolahan pasti mencari harga yg murah, walaupun fasilitas tidak memadai.

Karena aku anak sekolah dulunya, aku jarang ada waktu untuk ngegym. Aku ngegym sampai aku masuk kuliah, dengan intensitas “jarang-jarang”.  Aku mulai ngegym di akhir-akhir kelas 3
Dengan intensitas “jarang-jarang” itu, lama kelamaan badanku mulai terlihat berisi. 

Dan hingga akhirnya..









Poto yang ini diambil dalam keadaan tidak sadar serta dipengaruhi efek tahu bulat..

Itu tadi sepenggal kisah hidupku yang gak seberapa. Semoga kisah yang gak seberapa tadi bisa menginspirasi kalian untuk hidup lebih sehat.


Sekarang kita masuk ke tips untuk menurunkan berat badan versiku.. 

1.  Niat
Segala kegiatan harus diawali dengan niat, karena kekuatan niat kita sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan kita raih nantinya. Fokus kepada tujuan kenapa kamu harus kurus, dan cobalah memotivasi dirimu sendiri.

Pada kasusku, aku mulai niat untuk kurus dan termotivasi untuk kurus karena aku ingin membuat orang yg kusuka terkesan, dan juga aku mau membuktikan sama orang2 yang uda pernah menyepelekan aku dulu..

Jika sudah menemukan motivasi yang kuat, aku yakin kalian pasti bisa memulai untuk merubah diri menjadi lebih baik.


2. Atur pola makan dan olahraga rutin
Mengatur pola makan ini salah satu hal yang sulit dilakukan, karena manusia terkadang punya sifat rakus sehingga ingin makan apa aja yang dia mau. Seperti yang kubilang tadi, jika niat kalian kuat untuk menurunkan berat badan, aku yakin untuk mengatur pola makan pasti tidaklah sulit.

Pola makan yang biasa aku lakukan
Makan 3 kali sehari, dengan porsi nasi secukupnya. Maksud dari secukupnya ialah dengan porsi yang tidak membuat perut terasa penuh sesak, tambah lauk,  jangan pernah lupakan sayur, dan tantangan terberatnya ialah jangan ngemil, walaupun itu krupuk sekalipun. Boleh ngemil, tetapi hanya seminggu sekali.
Kalo niat kalian kuat aku jamin, walaupun gak ngemil sekalipun kalian pasti sanggup.

Olahraga teratur.
Olahraga minimal 5 kali dalam seminggu, setiap hari malah lebih bagus. Dulu aku biasa lari pagi sebelum pergi sekolah, sama sore setelah asyar. Kalo males untuk lari diluar, kalian bisa ganti olahraga kalian dengan circuit training.
Circuit training itu merupakan kumpulan gerakan2 ringan yang dilakukan berulang-ulang. Walaupun terlihat ringan, tetapi dijamin bisa bikin kalian ngos-ngosan. Kalian bisa cari tutorial circuit training di google, di youtube atau bisa ke duniafitnes.net.
 
Pada bagian “Atur pola makan dan olahraga rutin” merupakan ujian paling berat bagi cewek yang punya pacar. Karena cewek yg punya pacar tidak akan luput dari kalimat “sayang jangan lupa makan ya” dan “kamu jangan capek-capek ya” ataupun “walaupun kamu gendut, aku tetap cinta kok”.  Jika pacar kaliann tidak memberikan dukungan untuk kalian dalam melakukan tindakan yang positif, dengan berat hati aku sarankan kalian untuk MEMUTUSKAN PACAR kalian.


3.  Sabar dan konsisten
Semua perjuangan butuh proses untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Gitu juga pada proses penurunan berat badan. Nanti kalian pasti akan dilanda dengan rasa bosan, karena kalian beranggapan apa yang kalian lakukan gak ada gunanya. 

Disaat rasa seperti itu mulai merasuki pikiran, disaat itulah kalian harus memotivasi diri dengan cara bertanya kepada diri sendiri dengan kalimat “kenapa aku memulai semua ini ?”. Tanpa disadari, pikiran kalian akan teralihkan dengan motivasi2 yang sudah membuat kalian memulai ini semua. Kalian akan mengingat wajah orang yang akan kalian buat terkesan, kalian akan mengingat perkataan ataupun ejekan orang2 kepada kalian dan lain sebagainya. Karena ingatan itu, tanpa disadari kalian akan mulai termotivasi kembali.


4.  Banggalah terhadap dirimu dan jangan dengarkan celaan orang
Memang hasil yang didapatkan tidak serta merta langsung maksimal. Walaupun sedikit demi sedikit, kalian harus bangga terhadap hal itu. Karena dengan rasa kebanggaan itu, kalian akan tetap semangat melakukannya.

Nantinya kalian tidak akan luput dari yang namanya godaan kawan2 yang terkutuk. Mereka akan coba mematahkan semangatmu dengan mengatakan hal-hal yang tidak masuk akal.

Contoh :
“ah percuma diet, kalo gini2 aja”
Jawab pernyataan itu dengan santai “setidaknya aku gak kayak kau yang gitu2 aja”

“percuma ngegym, kalo gak keras”
Jawab pernyataan itu dengan santai “aku ngegym untuk olahraga, bukan memperbesar alat vital. Kalo mau kuat, keras dan tahan lama kau bisa hubungi mak erot”.

“percuma ngegym kalo jomblo” atau “percuma kuat angkat beban, tapi gak kuat ungkapin perasaan”
Untuk pernyataan ini, sebaiknya diamkan saja :’(


Aku tau, untuk menurunkan berat badan itu sulit. Tetapi, jika kalian yakin akan diri kalian, aku yakin kesulitan itu tidak akan terlihat.  Nikmati proses yang berlangsung, jangan banyak mengeluh, dan bersyukur dengan hasil yang dicapai.

Sampai jumpa ditulisan selanjutnya...



 
 

No comments:

Post a Comment

komentar apapun yang kamu mau